SOSIALISASI PENETEPAN KEBUTUHAN CALON HAKIM

Serui – Pada hari Kamis tepatnya tanggal 5 Oktober 2023 Pukul 12:00 Wit sedang berlangsung Sosialisasi Penetepan Kebutuhan Calon Hakim secara daring yang dibuka langsung oleh Plt. Sekretaris Mahkamah Agung RI Bapak Sugiyanto, S.H., M.H didampingi Kepala Biro Kepegawaian Ibu Supatmi, S.H., M.M. dan jajarannya.

Sosialisasi ini dilakukan sehubungan dengan akan dilaksanakannya Seleksi Pengadaan Calon Hakim dari Formasi Analis Perkara Peradilan Tahun Anggaran 2021 dalam waktu dekat, dan dalam rangka menindaklanjuti Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Peraturan Mahkamah Agung Nomor 2 Tahun 2017 tentang Pengadaan Hakim. mengingat sosialisasi ini penting untuk memberikan informasi terkait jumlah kuota Calon Hakim yang dibutuhkan dari setiap badan peradilan baik dari Badan Peradilan Umum, Badan Peradilan Agama, dan Badan Peradilan Militer dan Tata Usaha Negara.

Adapun yang ikut menjadi peserta sosialisasi ini dari Pengadilan Agama Serui yaitu Sekretaris PA Serui Bapak Mohammad Amir Damiri, S.H.I., Plt. Kasubag Kepegawaian Ibu Irmawati Ta’gan, S.STP., M.Si. dan Ibu Habibah Ramlah, S.Pdi untuk mendampingi Analis Perkara Peradilan Tahun 2021 Pengadilan Agama Serui yakni Nurhidayah Amriani, S.H. dan Muhammad Yusril Yusuf, S.H.

Dalam sosialisasi ini disampaikan bahwa jumlah kuota Calon Hakim yang dibutuhkan yakni 763 orang untuk Pengadilan Negeri, 602 orang dari Pengadilan Agama, dan 166 orang dari Pengadilan Tata Usaha Negara, jumlah tersebut sesuai dengan jumlah terakhir dari APP tahun 2021 yakni sebesar 1.531 orang. Kemudian, dari jumlah tersebut akan diseleksi dengan metode memilih dua kamar peradilan dan akan dirangking berdasarkan kamar yang dipilih.

Inti dari sosialisasi ini bahwasannya APP tahun 2021 akan didata kembali untuk peminatan pada Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama dan Pengadilan Tata Usaha Negara. Nantinya tes calon hakim ini terdiri atas seleksi adminitrasi, psikotes, seleksi substansi hukum dan wawancara yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat. (yy)