SMK YPK SERUI GANDENG PENGADILAN AGAMA SERUI LAKSANAKAN PROGRAM PRAKERIN

Serui, Kab. Kepulauan Yapen, Dalam rangka mendukung program pendidikan dan kebudayaan di Kab. Kepulauan Yapen, SMK YPK Serui bekerja sama dengan Pengadilan Agama Serui dalam melaksanakan kegiatan prakerin atau praktek kerja industry. Yang mana Prakerin sendiri merupakan salah satu proses yang harus ditempuh oleh para siswa khusus Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai salah satu persyaratan kelulusan. Dalam pelaksanaannya prakerin dilakukan dengan prosedur tertentu dan bertujuan untuk membuat siswa dapat magang disuatu tempat kerja baik di bidang usaha maupun industri agar para siswa dapat memperoleh ilmu pengetahuan dasar uang akan mereka terapkan dalam dunia usaha atau dunia kerja setelah lulus dari sekolah menengah kejuruan. Berdasarkan kepada Surat Tugas Nomor :07/PRAKERIN/IX/2021 tanggal 1 September 2021 dari SMK YPK Serui para siswa tersebut mulai aktif melaksanakan tugas di Pengadilan Agama Serui terhitung mulai tanggal 6 September sampai dengan 19 November 2021. Program prakerin ini disambut baik oleh Ketua dan Sekretaris Pengadilan Agama Serui, mengingat manfaat yang didapatkan oleh kedua pihak yakni pihak SMK YPK Serui dan Pengadilan Agama Serui diantaranya para siswa dapat langsung merasakan bagaimana situasi dan kondisi didunia kerja khususnya dalam lingkup Pengadilan Agama, para siswa dapat menambah wawasan dengan bimbingan para staf/pegawai Pengadilan Agama Serui, disamping itu juga dengan kesempatan prakerin kali ini Ketua Pengadilan Agama Serui berharap bukan hanya kemampuan Technical Skill tetapi Soft Skill juga dapat dipelajari selama para siswa melaksanakan kegiatan prakerin ini, sementara Pengadilan Agama Serui sendiri terbantu dengan adanya para siswa magang dari SMK YPK Serui karena dapat menunjang proses kerja dan pelayanan kepada masyarakat di Kota Serui.

(Apel Pagi Pengadilan Agama Serui yang dipimpin oleh Siswa Prakerin)

Kegiatan Prakerin ini sendiri direncakanan akan berlangsung selama hampir 3 bulan dan selama itu juga para siswa dilibatkan dalam berbagai kegiatan pelayanan di Pengadilan Agama Serui, mulai dari menjadi staf pembantu petugas PTSP, menjadi staf  pembantu dibidang kesekretariatan dan staf pembantu dibidang kepaniteraan. Para siswa juga dilibatkan dalam kegiatan apel di setiap hari senin pagi dan jumat sore. Para siswa yang menjalankan kegitan prakerin di Pengadilan Agama Serui diantaranya sebanyak 6 (enam) orang siswa yakni Sitti Halima Sineri, Afifatul Azizah, Muhammad Fadel Chinsa, Welyonita Dasrosen Wonder Worabai, Rahel Delila Mamboai  dan Richi Gustaf Maryanan para siswa dibawah arahan seorang Guru Pembimbing yakni Ibu Kristina Tandi, S.Pd. yang akan rutin melakukan kontrol kepada para siswa setiap minggu.  

(Ketua, Sekretaris dan Plt. Panitera saat memberikan arahan kepada para Siswa Prakerin SMK YPK Serui)

ketika diwawancarai oleh Tim News Pengadilan Agama Serui terkait pelaksanaan kegiatan prakerin yang telah mereka jalani selama kurang lebih 3 (tiga) minggu ini rata-rata para siswa tersebut merasa senang bisa merasakan dan belajar langsung tentang dunia kerja di instansi pemerintah yang mana ini merupakan salah satu pengalaman yang berharga dan semoga dapat memberikan manfaat untuk mengembangkan potensi diri. (jim)