SELURUH APARATUR PA SERUI MELAKSANAKAN KEGIATAN PEMBACAAN DAN PENANDATANGANAN PAKTA INTEGRITAS

Serui –Pembacaan dan Penandatanganan Pakta Integritas Tahun 2024 di Ruangan Media Center Pengadilan Agama Serui. Seluruh Aparatur Pengadilan Agama Serui Wajib mengikuti penandatanganan ini agar seluruh aparatur PA Serui berperan secara pro aktif dalam upaya pencegahan dan pemberantasan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme serta tidak melibatkan diri dalam perbuatan tercela. Pengertian pakta integritas adalah pernyataan atau janji tentang komitmen untuk melaksanakan segala tugas dan tanggungjawab sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Pakta integritas diatur melalui Permen PANRB 49/2011. Substansinya dituangkan ke dalam dokumen pakta integritas. Berdasarkan ketentuan Pasal 1 angka 1 Permen PANRB 49/2011, diterangkan bahwa dokumen pakta integritas adalah dokumen yang berisi pernyataan atau janji kepada diri sendiri tentang komitmen melaksanakan seluruh tugas, fungsi, tanggung jawab, wewenang dan peran sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan kesanggupan untuk tidak melakukan korupsi, kolusi, dan nepotisme. Seluruh aparatur Pengadilan Agama Serui melakukan penandatangan ini disertai dengan semangat untuk tetap dapat menjalankan tugas dengan penuh integritas dan profesionalisme selaras dengan nilai utama Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Dengan dilaksanakan penandatanganan Pakta Integritas maka seluruh Aparatur Pengadilan Agama Serui wajib bersikap jujur, transparan,objektif dan akuntabel dalam melaksanakan tugas melayani para pihak pencari keadilan. Diakhir acara ini dilakukan sesi foto bersama dan melanjutkan kembali aktifitas kerja serta memberi contoh dalam kepatuhan terhadap peraturan Perundang-undangan dalam melaksanakan tugas. (SW)