PERAYAAN IDUL ADHA 1444 H DI KABUPATEN KEPULAUAN YAPEN

Serui – Pada hari Kamis tanggal 29 Juni 2023 pukul 07:00 Wit telah dilaksanakan sholat Idul Adha 1444 Hijriah di Alun-Alun Trikora Kabupaten Kepulauan Yapen di Kota Serui. Ribuan umat muslin di Kabupaten Kepulauan Yapen serentak melaksanakan sholat Idul Adha sesuai keputusan sidang isbat Pemerintah pusat yang jatuh pada 29 Juni 2023.

Pada perayaan Sholat Idul Adha ini diselenggarakan oleh PHBI (Panitia Hari Besar Islam) Kabupaten Kepulauan Yapen bekerjasama dengan pemerintah daerah setempat dan stakeholders terkait seperti Polrestabes Kabupaten Kepulauan Yapen dan Kodim 1709 Yapen Waropen untuk menjaga keamanan dan ketertiban berjalannya perayaan Idul Adha di Kabupaten Kepulauan Yapen, beserta organisasi Islam terbesar di Indonesia seperti Nahdatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah, berserta Tokoh kerukunan-kerukunan kedaerahan yang ada di Kota Serui.

Adapun Wakil Ketua Pengadilan Agama Serui YM Bapak Nur Muhammad Huri, S.H.I., MA. dipercayakan menjadi Khatib dan bertindak selaku Imam yakni Ust. Mu’tashimul Haq pada pelaksanaan Sholat Idul Adha di Alun-Alun Trikora Serui. Sebelum dilaksanakan Sholat Id cuaca di Kota Serui sangat mendung oleh karenanya pada saat pelaksanaan sholat Id para jamaah diguyur hujan yang cukup deras. Akan tetapi pelaksanaan Sholat Id tetap berjalan lancar dan khusyuk.

Setelah dilaksanakan Sholat Id dalam kondisi hujan, Wakil Ketua PA Serui dengan ketabahan dan keikhlasan beliau segera menaiki mimbar untuk menyampaikan khutbah dengan tema: “Keteladanan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail Melintasi Zaman dalam Mewujudkan Kabupaten Kepulauan Yapen yang Lebih Maju”. Dalam Kutipan Khutbahnya Wakil Ketua menyampaikan bahwa “Nabi Ibrahim telah berhasil mengajarkan nilai-nilai keimanan dan spriritual yang kokoh kepada putranya Ismail AS, hingga Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail diuji oleh Allah untuk menyembelih putranya yaitu nabi Ismail AS. Atas perintah Allah itu, Nabi Ismail dengan penuh ikhlas menyatakan siap untuk disembelih ayahnya sendiri, demi menjalankan perintah dan
mempertahankan ketaatan dan cintanya kepada Allah SWT” Tandas. Kutipan tersebut menjadi nilai yang dapat kita internalisasi ke dalam diri kita agar dapat menjalankan perintah Allah SWT dengan ketaatan dan kecintaan agar masuk pada golongan orang-orang yang bertaqwa. Pesan diakhir Khutbah Wakil Ketua PA Serui menyampaikan bahwa “Disisa hidup kita ini, Marilah kita pergunakanlah kesempatan ini untuk berbuat baik kepada kedua orangtua kita dengan bersabar dan beraklak yang mulia kepadanya.

Dengan berakhirnya sholat Idul Adha ini dilaksankan doa bersama serta saling salam dan mengucapkan maaf antar para jamaah yang melaksankan Sholat Id, semoga nilai-nilai yang disampaikan dalam khutbah dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat Kabupaten Kepulauan Yapen khususnya beragama Islam dalam menjalani kehidupan kita sehari-hari. Minal Aidil Walfaidzin Mohon Maaf Lahir dan Batin. (yy)

Rekaman Youtube Khutbah Sholat Idul Adha 1444 H di Kabupaten Kepulauan Yapen dapat di nonton: DI SINI