PENGAWASAN DAN MONITORING SERTA EVALUASI PA SERUI

PENGAWASAN DAN MONEV DI PA SERUI

 

Pengadilan  Agama Serui kembali dapat Pengawasan dan Monitoring serta Evaluasi dari PTA. Pengawasan dan Monitoring serta Evaluasi kali ini sedikit berbeda dari pengawasan dan Monitoring serta Evaluasi sebelumnya yaitu ikut sertanya Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jayapura yakni ikut sertanya Ketua Pengadilan Tinggi Agama jayapura yakni Dr. Mawardy Amien beserta isteri. Kunjungan KPTA kali ini ke Pengadilan Agama Serui adalah sebagai safari pembinaan di seluruh PA-PA sewilayah PTA Jayapura yang dilakukan selama beliau menjabat sebagai KPTA jayapura, dan sehari sebelum ke PA Serui, KPTA melakukan pembinaan di PA Biak. Adapun Tim Pengawas dan Monitoring serta Evaluasi terdiri dari Drs. H. Abd. Razak Pellu (Hakim Tinggi PTA Jayapura) sebagai Ketua Tim, Drs. M. Sidiq, M.H., (Panitera PTA Jayapura) sebagai Sekretaris Tim dan Abdul Mutalip, S.Ag,. M.H., (Sekretaris PTA Jayapura) sebagai Anggota.         Pengawasan dan Monitoring serta Evaluasi dilaksanakan selama 2 hari kerja yaitu hari kamis hingga hari Jum’at tanggal 6 dan 7 April 2017 yang kemudian dilanjutkan dengan pembinaan oleh Tim dan Ketua Pengadilan Tinggi Agama.

Kegiatan Pengawasan dan Monitoring serta Evaluasi sekaligus pembinaan dilaksanakan oleh PTA setiap tahunnya adalah sebagai upaya mendukung misi dan visi Mahkamah Agung yakni Terwujudnya Badan Peradilan Indonesia Yang Agung yang akan ditempuh selama 25 tahun sejak tahun 2010.

Sasaran Pengawasan dan Monitoring serta Evaluasi adalah administrasi perkara, administrasi persidangan termasuk Putusan dan BAS dan juga bagian kesekretarian meliputi kepegawaian, keuangan dan umum serta pelayanan publik seperti meja informasi dan meja pengaduan serta kebersihan kantor.

Pengawasan dilakukan dengan cara pemeriksaan dokumen secara fisik maupun elektronik kemudian dicocokkan dengan kegiatan yang telah dilaksanakan serta wawancara dan pembinaan langsung apabila diketemukan kesalahan atau kekurangan, dan pada saat itu juga harus diperbaiki dan dilengkapi.

Adapun hasil dari pengawasan tersebut adalah meskipun ada beberapa kekurangan seperti tidak adanya ruang untuk merokok, akan tetapi secara keseluruhan cukup baik bahkan Tim merasa terkesan terhadap perubahan-perubahan yang telah dilakukan oleh Pengadilan Agama Serui seperti sudah menggunakan aplikasi persuratan elektronik, perpustakaan dan antrian sidang berbasis SIPP termasuk peningkatan pelayanan publik seperti tempat ruang menyusui, tempat bermain anak, charger ponsel serta minuman gratis dan lainnya.

Pada akhirnya Tim Pengawas dan Ketua Pengadilan Tinggi Agama mengharap kepada seluruh aparatur Pengadilan Agama Serui agar bekerja sesuai aturan yang berlaku dan berhati-hati menerima pemberian dari para pihak, selanjutnya seluruh Tim dari PTA mengucapkan terima kasih.