PENGADILAN AGAMA SERUI MELAKSANAKAN UPACARA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA

Pada Hari Sabtu tanggal 1 Juni 2024 pukul 08.00 WIT Pengadilan Agama Serui melaksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang diikuti seluruh pegawai Pengadilan Agama Serui ini diperingati Hari Lahir Pancasila adalah momen penting untuk memperkuat rasa persatuan dan kesatuan bangsa, serta mengingatkan kita akan dasar negara yang menjadi landasan hidup berbangsa dan bernegara. Upacara yang bertempat di halaman Kantor PA Serui dengan Susunan Upacara sebagai berikut : Pembina Upacara oleh Ketua Pengadilan Agama Serui YM Bapak Muhammad Taufiq Torano, S.H.I., Perwira Upacara oleh Plt. Sekretaris Ibu Fifi Tilome,SE., Pembaca Undang-Undang oleh Iswi Mahdha Rumbouw,S.H.,Pembawa Acara oleh Jurusita Pengganti Bapak Muhammad Syafril,S.Pd.I., Pembaca Doa oleh Ibu Kurniawati.L,S.Si, Ajudan Pembina Upacara oleh Pranata Komputer Bapak Jimmy Sasbe,S.Kom, Pengibar Bendera Bapak Satrio Wicaksono,S.IP,M.Si, Ibu Irmawati Ta’gan,S.STP,M.Si, Bapak Halimi Firdaudy,S.H. dan Pemimpin Upacara Bapak Rizki Dani Rahantan.

Untuk menindaklanjuti arahan Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia berkenaan dengan Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 serta memperhatikan Surat Edaran Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2024 Tentang Pedoman Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024. Semua peserta upacara mengikuti rangkaian Upacara dengan tertib dan penuh rasa hormat terhadap nilai-nilai Pancasila. Hari Lahir Pancasila adalah momen penting untuk memperkuat rasa persatuan dan kesatuan bangsa, serta mengingatkan kita akan dasar negara yang menjadi landasan hidup berbangsa dan bernegara.

Patut kita syukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilainilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara. Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilainilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika”.