PENGADILAN AGAMA SERUI MELAKSANAKAN SIDANG KELILING DI KABUPATEN WAROPEN

Pada tanggal 26 September 2023 Pengadilan Agama Serui melaksanakan kegiatan Sidang Keliling yang dilaksanakan di Kantor Kantor Urusan Agama Kabupaten Waropen. Tim berangkat dari Kantor PA Serui pada pukul 10:00 Wit menuju ke Pelabuhan Kota Serui, diantar langsung oleh Unsur Pimpinan Ketua Pengadilan Agama Serui, Panitera dan Sekretaris untuk berangkat menuju Kabupaten Waropen menggunakan Kapal Cepat. Adapun Tim yang berangkat untuk melaksanakan sidang keliling berdasarkan Surat Tugas yang ditandatangani oleh Ketua Pengadilan Agama Serui Nomor 539/KPA.W25-A6/KP.01.2/IX/2023 yaitu Wakil Ketua Pengadilan Agama Serui YM Bapak Nur Muhammad Huri, S.H.I, Penyusun Laporan Keuangan Bapak Eka Chandra Setiawan, SE, Jurusita Pengganti Bapak Muhammad Syafril, dan Analisis Perkara Peradilan Bapak Halimi Firdausy, S.H.

Tiba di Kabupaten Waropen pukul 13:30 Wit, Tim Sidang Keliling PA Serui langsung bergerak menuju ke Hotel Merpati Waropen untuk istirahat dan menyiapkan segala sesuatunya untuk persiapan sidang. Pada hari Selasa tanggal 26 September 2023 dilaksanakan rapat persiapan sidang di luar gedung dengan berkordinasi dengan Kepala Kantor Urusan Agama KUA Kabupaten Waropen baik memeriksa kelengkapan berkas perkara, kesiapan ruang sidang beserta alat kebutuhan persidangan, hingga mendata kembali pihak-pihak yang berperkara untuk efisiensi pelaksanaan sidang diesok harinya.

Pada hari Rabu, tanggal 27 Mei 2023 bertempat di kantor KUA Kabupaten Waropen dilaksanakan sidang keliling yang terdapat 3 (tiga) perkara yang mendaftarkan perkaranya kepada bagian Kepaniteraan Pengadilan Agama Serui, diantaranya Itsbat nikah 2 (dua) perkara, dan Perkara Cerai 1 (satu) perkara. Pada saat pelaksanaan sidang dibagi tugas masing-masing Tim untuk kelancaran berjalannya agenda sidang.

Team Sidang keliling untuk memberikan pelayanan jemput bola bagi para pencari keadilan di Kabupaten Waropen. Dengan adanya Sidang keliling ini membantu bagi para pihak yang terkendala biaya dan transportasi untuk sidang langsung di Kantor Pengadilan Agama Serui. Semoga agenda Sidang Keliling ini menjadi wadah untuk memberikan keadilan di seluruh wilayah hukum Pengadilan Agama Serui. (SW)