PENANDATANGANAN NOTA KESEPAHAMAN ATAU MoU ANTARA PA SERUI, KEMENTRIAN AGAMA, DAN DINAS DUKCAPIL

Serui – Pada hari Senin tanggal 18 Desember 2023 Pukul 10:00 Wit Pengadilan Agama Serui melaksanakan kegiatan Penandatanganan Nota Kesepahaman atau MoU (Memorandum of Understanding) yang di ikuti oleh Ketua Pengadilan Agama Serui YM Bapak Muhammad Taufiq Torano, S.H.I.selanjutnya disebut PIHAK KESATU, Kepala Kementrian Agama Kabupaten Kepulauan Yapen Ibu Adolina Wopi,S.Th.selanjutnya disebut PIHAK KEDUA, dan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Bapak Harold Wenno, AP,M.Si selanjutnya disebut PIHAK KETIGA sesuai dengan kedudukan masing- masing, PARA PIHAK setuju dan sepakat untuk mengadakan Kesepakatan Bersama untuk melaksanakan pelayanan terpadu secara prima kepada masyarakat yang berada di Kabupaten Kepulauan Yapen.

Maksud Kesepakatan Bersama ini adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya bagi masyarakat pencari keadilan di Pengadilan Agama Serui dan masyarakat yang mengurus pencatatan perkawinan di  KUA se- wilayah  Kabupaten Kepualauan Yapen berupa kemudahan,  kecepatan dan  kelancaran untuk   memperoleh   pembaruan   dan   penggantian  dokumen administrasi kependudukan.
Tujuan Kesepakatan Bersama ini adalah :
1. Menerbitkan  pembaruan  dokumen  kependudukan  berupa  Kartu  Keluarga (KK),  Kartu Tanda Penduduk, Akta Kelahiran (berdasarkan kesiapan PIHAK KETIGA), dan Buku Nikah (PIHAK KEDUA) dengan lebih cepat dan valid;
2. Mengintegrasikan data kependudukan guna menghindari adanya pemalsuan data-data kependudukan sebagaimana disebut Pasal 3 ayat 2 huruf (a) di atas;
3. Mewujudkan   masyarakat   Kabupaten   Kepualauan Yapen   yang   sadar   terhadap pencatatan data kependudukan;
4. Memberikan kemudahan pada masyarakat untuk mendapatkan perubahan data kependudukan terutama perubahan akibat adanya perkawinan, perceraian, pengesahan nikah (isbat nikah) dan pengangkatan anak;
5. Meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan publik di wilayah Kabupaten Kepulauan Yapen;

  1. PIHAK PERTAMA adalah, Penyelenggara Pelayanan Terpadu Sidang Keliling dan sidang di Kantor Pengadilan  Agama Serui  dalam Rangka  Penerbitan  Akta Cerai.
  2. PIHAK   KEDUA   adalah, Pelaksana yang bertanggung jawab  dan berwenang dalam urusan Penerbitan Akta Nikah, Buku Nikah bagi umat Islam.
  3. PIHAK KETIGA Pelaksana   yang   bertanggung  jawab   dan   berwenang melaksanakan  pelayanan   dalam  urusan  administrasi  kependudukan  dan  pencatatan sipil.