PELANTIKAN DAN PENGAMBILAN SUMPAH JABATAN PANITERA OLEH BAPAK AKRAM, S.H.,M.H. DI PENGADILAN AGAMA SERUI

Kota Serui, Kab. Kepulauan Yapen – Pengadilan Agama Serui mengadakan acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Panitera Pengadilan Agama Serui yang baru kepada Bapak Akram, S.H.,M.H. Berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Badilag Nomor : 2752/DjA/KP.04.6/SK/9/2021 Tentang Pengangkatan/Pemindahan dalam Jabatan Kepaniteraan di Lingkungan Peradilan Agama tanggal 14 September 2021, dalam lampiran menyatakan bahwa Bapak Akram, S.H.,M.H. mendapat promosi jabatan menjadi Panitera di Pengadilan Agama Serui setelah mengadbi sebagai Panitera Muda Hukum Pengadilan Agama Sorong sejak tahun 2016. Berikut merupakan riwayat jabatan / pekerjaan dari Panitera Pengadilan Agama Serui, Bapak Akram, S.H.,M.H. diketahui bahwa beliau bergabung menjadi staf Pengadilan Agama Sorong sejak tahun 2000, lalu diangkat sebagai Jurusita Pengganti Pengadilan Agama Sorong pada tanggal 23 Desember tahun 2002 lama menjalani tugas sebagai Jurusita Pengganti di Pengadilan Agama Sorong kemudian pada tanggal 02 Agustus 2010 beliau dipercayakan memegang jabatan sebagai Panitera Pengganti di Pengadilan Agama Sorong, enam tahun berselang berkat kerja keras dan semangatnya Bapak Akram, S.H.,M.H. kemudian mendapatkan promosi jabatan menjadi Panitera Muda Hukum Pengadilan Agama Sorong tepatnya pada tanggal 28 April 2016, kemudian menjelang akhir tahun 2021 Bapak Akram, S.H.,M.H. berhasil meraih jabatan yang lebih tinggi lagi yakni sebagai Panitera di Pengadilan Agama Serui hal ini merupakan amanah yang harus beliau jaga dan laksanakan dengan penuh tanggung jawab mengingat jabatan sebagai seorang Panitera merupakan jabatan tertinggi dalam bidang kepaniteraan pada instansi peradilan yang memerlukan komitmen serta integritas dalam melaksanakan tiap tugas dan perintah.

(Pengucapan Sumpah oleh Panitera, di dampingi dua orang saksi dan satu orang rohaniawan)

Prosesi Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Panitera berlangsung dengan hikmat dan dalam suasana sederhana namun tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran corona virus disease 19 (covid 19) prosesi Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan dimulai dengan pembacaan surat keputusan, lalu pengambilan sumpah yang didampingi oleh para saksi dan rohaniawan, dilanjutkan dengan penandatanganan naskah pelantikan, pembacaan doa serta foto bersama dan pemberian ucapan selamat oleh para hadirin undangan yang telah mengambil bagian dalam acara pelantikan tersebut dan dilanjutkan dengan sesi ramah tamah dan makan siang bersama. Para undangan yang hadir berasal dari instansi pemerintahan yakni Pengadilan Negeri Serui dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kab. Kepulauan Yapen. Dalam sambutannya Ketua Pengadilan Agama Serui Bapak Moch Syah Ariyanto, S.H.I. mengucapkan selamat bergabung di Pengadilan Agama Serui kepada Bapak Panitera Akram, S.H.,M.H. semoga dapat segera beradaptasi dan bersinergi dengan seluruh komponen di lingkungan Pengadilan Agama Serui, baik itu dibidang kesekretariatan maupun di bidang kepaniteraan demi pelayanan publik yang optimal dan kemajuan satker Pengadilan Agama Serui.

(Penandatanganan Naskah Pelantikan oleh Ketua Pengadilan Agama Serui)

Bapak Akram, S.H.,M.H. merupakan Panitera baru yang bertugas untuk mengisi kekosongan jabatan Panitera di Pengadilan Agama Serui yang mana jabatan tersebut telah kosong sejak Panitera terdahulu Bapak Almarhum Ikhsan, S.H.I. meniggal dunia pada bulan Agustus 2021 lalu. Dalam wawancara dgn tim news Pengadilan Agama Serui, Bapak Panitera Akram, S.H.,M.H. mengaku bahwa dirinya siap untuk mendukung segala program dan rencana kerja yang telah dicanangkan oleh Pengadilan Agama Serui, ia pun telah melihat beberapa kekurangan yang terdapat di Pengadilan Agama Serui  dan dirinya siap untuk terjun langsung dalam mengayomi dan membuat perubahan  di Pengadilan Agama Serui agar menjadi lebih baik lagi, untuk itu beliau juga berharap dukungan dari seluruh staf kepaniteraan dan kesekretariatan sebagai supporting unit pada Pengadilan Agama Serui, semoga dengan terisinya Jabatan Panitera pada Pengadilan Agama Serui dapat meningkatkan kinerja satker baik internal maupun eksternal guna memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh elemen masyarakat pencari keadilan di Kota Serui. (jim)