Pelaksanaan Pendataan Perkara Sidang Di Luar Gedung di Kabupaten Waropen

Pada hari senin tanggal 1 Agustus 2022 sampai dengan selasa 2 Agustus 2022 telah dilaksanakan Pendataan Perkara Di Luar Gedung Pengadilan Agama Serui Kelas II di Kabupaten Waropen. Pendataan ini dilakukan oleh Tim Kepaniteraan yang dipimpin langsung oleh Bapak Akram, S.H., M.H. selaku Panitera, Halimi Firdausy, S.H. (Analis Perkara Peradilan), Muhammad Yusril Yusuf, S.H. (CPNS).

Sebelum dilaksanakan pendataan, Bapak Akram, S.H., M.H. selaku Panitera Pengadilan Agama Serui memberikan arahan dan masukkan bagi para pihak bahwa “Dengan adanya pendataan perkara sidang di luar gedung ini, sebenarnya mempermudah para pencari keadilan baik dari segi biaya dan efisiensi waktu, inilah komitmen Mahkamah Agung jadi bukan lagi pihak yang datang ke pengadilan tapi pengadilan yang mendatangi pihak yang ingin berperkara, ini bentuk komitmen untuk memberikan pelayanan prima bagi masyarakat pencari keadilan”.

Perkara yang masuk pada pendataan tersebut sejumlah 7 (tujuh) perkara yang diantaranya kasus Cerai Talak, Cerai Gugat dan Isbat Nikah, yang kemungkinan besar akan bertambah saat akan dilaksanakannya sidang di luar gedung di akhir bulan agustus. Kepala Kantor Urusan Agama (KAU) Kabupaten Waropen Bapak Matorik, S.Ag. menyambut baik kehadiran Tim Pengadilan Agama Serui yang melakukan pendataan di Kabupaten Waropen beliau berpesan untuk memaksimalkan pendataan diharapkan adanya sosialisasi terkait pelayanan hukum bagi para pencari keadilan agar masyarakat lebih paham hak dan kewajibannya dalam berperkara di Pengadilan Agama Serui. (yy)