Pelaksanaan Kegiatan Bimtek Keuangan di PTA Jayapura

Pada tanggal 1 November 2022 bertempat di Hotel Horison Ultima Entrop Kota Jayapura  telah dilaksanakan Pembukaan Bimbingan Teknis Kesekretariatan Tahun 2022 oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jayapura Dr. H. Mame Sadafal, M.H. dengan memukul tifa.

Acara dimulai pukul 19.00 WIT diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Mahkamah Agung, kemudian dilanjutkan dengan laporan ketua panitia yang diwakili oleh wakil ketua panitia Taharuddin S., S.H., M.H. dalam laporannya kegiatan ini diikuti oleh 23 peserta perwakilan dari 14 satuan kerja Pengadilan Tinggi Agama Jayapura dan 1 peserta dari Kementrian Agama Provinsi Papua, Materi diisi oleh beberapa instansi yaitu dari KPPN Jayapura, KPKNL Jayapura, Kanwil DJP Provinsi Papua dan Biro Perlengkapan Mahkamah Agung RI. Pada acara Bimtek Keuangan ini, PA Serui diwakili oleh Sekretaris Bapak Muhammad Jabal Nur, S.H.I. dan Iswi Mahdah Rumbouw, S.H. PPNPN PA Serui yang memiliki tugas untuk mengelola SIMAK BMN/SAIBA.

Ada 7 Materi yang disampaikan dalam Bimtek ini antara lain :

1. Langkah-langkah Akhir Tahun

2. Pengisian Capaian Output

3. Penyelesaian Kerugian Negara

4. Manajemen Barang Persediaan

5. Lelang

6. E-Sadewa

7. Perpajakan

Setelah Laporan dari Ketua Panitia dilanjutkan sambutan dari Ketua PTA Jayapura, beliau menyampaikan tentang Sistem Pengelolaan Keuangan yang Efektif, Prinsip-Prinsip Pengelolaan Keuangan Negara serta audit laporan keuangan, “Kita harus menjaga predikat wajar tanpa pengecualian Mahkamah Agung selama 10 Tahun” ujar Ketua PTA Jayapura. Beliau juga berpesan untuk selalu bersemangat bagi teman-teman di daerah dalam mengemban tugas. Terakhir acara ditutup dengan doa dan foto bersama. (yy)