PELAKSANAAN DISKON DAN SOSIALISASI APLIKASI KOTEKASAYA

Serui – Pada hari Jum’at tanggal 7 Agustus 2023 sedang berlansung Diskusi Online dan Sosialisasi Aplikasi Kotekasaya yang diadakan oleh Pengadilan Tinggi Agama Jayapura. Peserta dalam acara ini yakni seluruh satuan kerja di wilayah hukum PTA Jayapura yang dilaksanakan secara virtual dari Ruang Media Center PTA Jayapura. Acara ini dibuka langsung oleh Wakil PTA Jayapura didampingi oleh Panitera PTA Jayapura, dan Ketua PTA Jayapura mengikuti langsung secara virtual dikarenakan sendang dinas luar ke Jakarta.

Pengadilan Agama Serui melaksanakan acara ini melalui Ruang Media Center PA Serui yang diikuti seluruh aparatur PA Serui baik unsur Pimpinan, Hakim, dan staf PA Serui. Aplikasi Kotekasaya dirancang untuk mempermudah tugas Hakim Pengawas Tinggi Daerah untuk melakukan pengawasan secara virtual yang tentunya berdampak positif atas efisiensi waktu dan biaya ketika dilaksanakan secara fisik ketika langsung mendatangi satker di wilayah hukum PTA Jayapura yang secara jarak sangat jauh. Dengan adanya aplikasi Kotekasaya ini diharapkan mampu menjadi solusi dan masuk dalam kategori penilaian untuk Wawasan Bebas Korupsi (WBK) yang di mana PTA Jayapura masuk sebagai pesertanya.

Wakil Ketua Pengadilan Agama Serui YM Bapak Nur Muhammad Huri menyambut baik aplikasi yang dibuat oleh PTA Jayapura ini beliau menyampaikan bahwa “Dengan adanya aplikasi Kotekasaya ini mempermudah Tindak Lanjut Hasil Pengawasan (TLHP) dikarenakan hanya mengupload berkas maupun dokumen yang dibutuhkan oleh Hawasbid, tentu ini suatu terobosan baru yang dibuat PTA Jayapura sebagai pemanfaatan teknologi yang cenderung efisien baik anggaran maupun waktu”. Semoga kedepannya PTA Jayapura dapat memberikan contoh untuk membuat aplikasi-aplikasi yang bermanfaat dalam kinerja dan pelayanan pengadilan di wilayah hukumnya guna memberikan akses yang setara bagi seluruh masyarakat dan keterbukaan informasi publik. (yy)