Pelaksanaan Bimbingan Teknis Kepaniteraan Pengadilan Agama Sewilayah Hukum Pengadilan Tinggi Agama Jayapura Tahun 2022

Pada tanggal 8-10 Juni 2022 telah dilaksanakan Bimbingan Teknis Kepaniteraan Pengadilan Agama Sewilayah Hukum Pengadilan Tinggi Agama Jayapura di Hotel Horizon, Kotaraja Abepura, Jayapura-Papua. Edi Rosadi Mello, S.H., M.H. (Panmud Hukum) menjadi delegasi dari Pengadilan Agama Serui pada Bimtek tersebut.

Bimbingan Teknis Kepaniteraan Pengadilan Agama Sewilayah Hukum Pengadilan Tinggi Agama Jayapura dibuka secara resmi oleh Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama ( DIRBINADMIN ) Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia Dr.Dra.Nur Djannah Syaf, S.H., M.H., Rabu, 08 Juni 2022.

Bimbingan Teknis Kepaniteraan diselenggarakan dari tanggal 08 s.d. 10 Juni 2022 dengan peserta  Panitera Muda dan kasir dari 14 satuan kerja Pengadilan Agama  Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Agama Jayapura. Acara Pembukaan Bimbingan teknis kepaniteraan ini turut di hadiri seluruh Hakim Tinggi, Pejabat Fungsional dan Struktural Pengadilan Tinggi Agama Jayapura, Pimpinan Pengadilan Agama Jayapura, Pengadilan Agama Sentani,dan Pengadilan Agama Arso.

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jaypura Dr.H.Zulkarnain, S.H.,M.H, yang didampingi oleh Wakil Ketua Drs.Moh.Yasya, S.H.,M.H. dalam sambutan pengantar menyampaikan bahwasanya bimbingan teknis kepaniteraan ini tak terlepas dari dua bidang penting yakni administrasi yustisial dan teknis yustisial. ”Administrasi yustisial sama pentingnya dengan teknis yustisial,bahkan dapat dikatakan administrasi yustisial nantinya akan membentuk teknis yustisial”, ungkap  Ketua PTA Jayapura dalam sambutan.

Dr. Dra. Nur Djannah Syaf, S.H., M.H., sesaat setelah membuka acara Bimbingan Teknis Peradilan secara resmi yang turut diliput oleh I News TV Papua menyampaikan bahwa disamping kegiatan ini harus dimaksimalkan oleh seluruh peserta yang pada umumnya dari bidang Kepaniteraan seyogyanya Hakim Tinggi juga harus tahu dan paham terkait Teknis Admnistrasi Peradilan dalam melakukan pengawasan dan pembinaan. (Admin)