PA SERUI MENGIKUTI SOSIALISASI NASIONAL PENGAJUAN UPAYA HUKUM KASASI/PK SECARA ELEKTRONIK

Serui – Pada hari Juma’t tanggal 26 April 2024 Pukul 16:00 Wit Pengadilan Agama Serui mengikuti sosialisasi Nasional pengajuan upaya Hukum Kasasi/PK secara elektronik secara daring yang diikuti oleh Ketua Pengadilan Agama Serui YM Bapak Muhammad Taufiq Torano,S.H.I., Wakil Ketua Pengadilan Agama Serui YM Bapak Nur Muhammad Huri, S.H.I., Panitera PA Serui Bapak Saiful Mujib,S.H., Kasubag PTIP Satrio Wicaksono,S.IP,M.Si, dan Jurusita Pengganti Halimi Firdausy,S.H. dalam Sambutan dari Ditjen Badilag YM Bapak Drs. H. Muchlis, S.H.,M.H. menjelaskan bahwa”Kebijakan Inovasi di Lingkungan Peradilan Agama Haruslah Selaras Dengan Ketentuan Hukum Acara. Jangan Sampai, Demi Kepentingan Inovasi dan Percepatan, Lantas Mengorbankan Kualitas Putusan, Mengesampingkan Hukum Acara dan Mempertaruhkan Nilai-nilai Keadilan”

Kebijakan penilaian SIPP seyogyanya bertujuan untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat pencari keadilan, bukankah ada asas menyatakan Justice Delayed Justice Denied, Terlambat memberi keadilan adalah bentuk lain dari ketidakadilan itu sendiri, Dalam waktu dekat, akan segera diterbitkan Peraturan Mahkamah Agung mengenai Kasasi dan Peninjauan Kembali secara elektronik Dalam waktu dekat, akan segera diterbitkan Peraturan Mahkamah Agung mengenai Kasasi dan Peninjauan Kembali secara elektronik Saya minta kepada Pengadilan tingkat Banding untuk melakukan monitoring dan evaluasi terhadap berkasberkas yang di upload kedalam SIPP jangan sampai SIPP di satuan kerja kita seperti “semangka, terlihat hijau di luar tapi sesungguhnya merah di dalam.

Komitmen kedepan kami pastikan bahwa kebijakan-kebijakan Ditjen Badilag akan selalu tegak lurus dengan Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia. (SW)