PA SERUI MENGIKUTI BIMBINGAN TEKNIS “PERMASALAHAN WAKAF”

Serui – Pada hari Jum’at tanggal 22 September 2023 Pukul 10:00 Wit Pengadilan Agama Serui mengikuti Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Tenaga Teknis yang bertemakan “Permasalahan Wakaf” yang di ikuti oleh Ketua Pengadilan Agama Serui YM Bapak Muhammad Taufiq Torano, S.H.I., Wakil Pengadilan Agama YM Bapak Nur Muhammad Huri, S.H.I. Hakim PA Serui YM Bapak Syaukani, S.Sy. Panitera PA Serui Bapak Edi Rosadi Mello, S.H., M.H dan Jurusita Pengganti Bapak Muhammad Syafril.

Bimbingan teknis membahas Wakaf adalah perbuatan hukum wakif untuk memisahkan dan/atau menyerahkan sebagian harta benda miliknya untuk dimanfaatkan selamanya atau untuk jangka waktu tertentu sesuai dengan kepentingannya guna keperluan ibadah dan/atau kesejahteraan umum menurut Syariah. Wakaf dilaksanakan dengan memenuhi unsur wakaf sebagai berikut:

  1. Wakif;
  2. Nazir;
  3. Harta benda wakaf;
  4. Ikrar wakaf;
  5. Peruntukan harta benda wakaf;
  6. Jangka waktu wakaf.

Adapun pengawasan terhadap perwakafan :

  1. Pengawasan terhadap perwakafan dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat, baik aktif maupun pasif.
  2. Pengawasan aktif dilakukan dengan melakukan pemeriksaan langsung terhadap Nazir atas pengelolaan wakaf, sekurang-kurangnya sekali dalam setahun.
  3. Pengawasan pasif dilakukan dengan melakukan pengamatan atas berbagai laporan yang disampaikan Nazir berkaitan dengan pengelolaan wakaf.
  4. Dalam melaksanakan pengawasan pemerintah dan masyarakat dapat meminta bantuan jasa akuntan publik independen.