PA SERUI MENGHADIRI ACARA REMBUK STUNTING TAHUN 2023

Serui – Pada hari Rabu pukul 10:00 Wit tepatnya tanggal 21 Juni 2023 Pengadilan Agama Serui menghadiri acara Pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana tentang Aksi #3 Rembuk Stunting. Acara ini dilaksanakan di gedung serba guna Silas Papare Kota Serui. Acara ini dihadiri mulai dari Pj. Bupati Kabupaten Kep. Yapen, Ketua DPRD Kep. Yapen, Kepala Kejaksaan Negeri, Komandan Kodim, serta Forkopimda lainnya, maupun dinas-dinas terkait.

Pengadilan Agama Serui diwakili oleh Wakil Ketua PA Serui YM Bapak Nur Muhammad Huri, S.H.I. didampingi Staf Kepaniteraan Muhammad Yusril Yusuf, S.H. pada kesempatan siang tadi. Stunting adalah kondisi ketika tinggi badan anak lebih pendek daripada standar usianya akibat kekurangan gizi dalam jangka panjang. Kondisi ini bisa disebabkan oleh malnutrisi yang dialami ibu saat hamil atau anak pada masa pertumbuhannya. Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen berkomitmen untuk berkontribusi menyelesaikan masalah stunting diangka 0 (nol) hingga akhir tahun ini.

Adapun narasumber dalam acara ini yakni pihak Bapeda Kabupaten Kep. Yapen dan BKKBN Provinsi Papua yang memaparkan angka-angka penyembaran stunting di Kabupaten Kepulauan Yapen. Pj. Bupati beserta organisasi Perangkat daerah (OPD) Kabupaten Kep. Yapen telah membuat Tim Percepatan Penurunan Stunting di wilayah Kep. Yapen.

Pj. Bupati Bapak Cyfrianus Yustus Mambay dalam pidato pembukaannya menyatakan bahwa “Dengan adanya Tim percepatan penurunan stunting ini diharapkan mampu bekerjasama, sinergi dan aktif dalam menyelesaikan permasalahan stunting di Kabupaten Kepulauan Yapen dengan target capain nol stunting diakhir tahun ini”.

Terlihat juga Wakil Ketua Pengadilan Agama Serui ikut serta memberikan komitmen mewakili PA Serui untuk mendukung Pemda Kabupaten Kepulauan Yapen dalam percepatan penurunan angka stunting di Kabupaten Kepulauan Yapen bersama-sama Forkopimda, Dinas-Dinas Terkait, Lembaga negara vertikal, BUMN/BUMD, Kepala Distrik, Kepala Kampung hingga Tim percepatan penurunan angka stunting di serui sama-sama menandatangani komitmen bersama untuk bersama-sama mendukung program pemerintah daerah untuk menciptakan Kabupaten Kepulauan Yapen diakhir tahun tidak memiliki lagi angka anak stunting. Dengan begitu generasi emas sumber daya manusia (SDM) para penerus putra putri Kabupaten Kepulauan Yapen dapat tumbuh dengan sehat, cerdas dan berdaya saing. Diakhir acara dilakukan sesi foto bersama dan menikmati hidangan makanan yang telah diberikan oleh penyelenggara acara. (yy)