PA SERUI MENGGUNAKAN RUANG PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (PTSP) YANG BARU

Pada Hari Senin tanggal 10 Juni 2024 pukul 08.00 WIT sehubungan dengan selesainya Rehap Ruang Pelayanan Terpadu Satu Pintu , petugas PTSP Pengadilan Agama Serui secara langsung menggunakan ruangan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang baru. Sebagai salah satu meningkatkan program pelayanan penyelenggara kekuasaan kehakiman mempunyai tugas pokok menerima, memeriksa, memutus dan menyelesaikan perkara di tingkat pertama bagi masyarakat pencari keadilan. Selama ini kondisi Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Pengadilan Agama Serui Kelas II masih berlokasi ruangan lama, dirasakan ruangan yang kecil membuat pelayanan kurang efetif dan efisien.

Idealnya sebuah Badan Peradilan haruslah transparan dan berorientasi pada pelayanan publik yang prima sebagai wujud penjabaran visi badan peradilan yakni terwujudnya Badan Peradilan yang agung, dan sejalan dengan agenda reformasi birokrasi peningkatan pelayanan publik. maka untuk memenuhi program Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia, Pengadilan Agama Serui Kelas II mengambil langkah strategis dengan
menerapkan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (One Gate Integrated Service) yang transparan dan akuntabel sebagai solusi untuk menangani semua urusan administrasi baik bidang teknis maupun nonteknis.

Penerapan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Pengadilan Agama Serui Kelas II, sama sekali tidak mengurangi ketentuan tentang Pedoman Pelaksanaan Tugas dan Administrasi Pengadilan yang sudah diatur dalam Buku II, tetapi semata-mata dimaksudkan untuk lebih mengoptimalkan pelayanan serta untuk mencegah munculnya KKN akibat adanya interaksi langsung masyarakat pencari keadilan dengan Aparat/ Pejabat Pengadilan, sehingga dengan penerapan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), diharapkan dengan adanya ruang PTSP yang baru masyarakat pencari
keadilan akan mendapatkan pelayanan peradilan yang prima yakni peradilan sederhana, murah, akuntabel, responsibility, transparan, efektif, efisien dan ekonomis.