PA SERUI MELAKSANAKAN UPACARA PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA YG KE-95

Serui – Pada hari Sabtu tanggal 28 Oktober 2023 pukul 08.00 Wit Pengadilan Agama Serui melaksanakan Upacara dalam rangka Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang bertempat dihalaman Kantor Pengadilan Agama Serui, diikuti oleh Seluruh Unsur Pimpinan, pejabat struktural, Pegawai dan PPNPN. Ketua Pengadilan Agama Serui YM Bapak Muhammad Taufiq Torano,S.H.I. selaku Pembina Upacara, Bapak Sumitro Wally sebagai Perwira Upacara, Bapak Rizky Dani Rahantan Sebagai Pemimpin Upacra,Bapak Satrio Wicaksono,S.IP,M.Si, Ibu Irmawati Ta’gan,S.STP,M.Si, dan Bapak M. Yusril Yusuf,S.H. sebagai Pengibar Bendera Merah Putih, Ibu Nurhidayah Amriani Sebagai Pembawa Acara, Bapak Jimmy Sasbe pembaca Teks Keputusan Kongres Pemuda Indonesia 1928, Ibu Kurniawati L.,S.Si, Bapak Muhammad Syafril,S.Pd.I Pembaca Doa dan Bapak Joni Lili Komala Konda sebagai Ajudan. Upacara yang dilaksanakan dengan penuh hikmat dan bertanggung jawab.

Setiap tanggal 28 Oktober kita selalu merayakan peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP). Peringatan tersebut mengingatkan bangsa Indonesia terhadap sejarah perjuangan seluruh elemen pemuda Indonesia yang telah menebar semangat menjaga jiwa patriotisme dan berhasil menyatukan visi kebangsaan, yang melahirkan sebuah komitmen kebangsaan yaitu bertumpah darah satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia. Sebagaimana yang kita kenal hingga saat ini sebagai Sumpah Pemuda 1928, dengan mempersatukan pemuda Indonesia untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023 diselenggarakan secara Nasional di tingkat Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan dan Perwakilan RI di luar negeri. Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 wajib diselenggarakan oleh lembaga pemerintah dan non pemerintah, organisasi kepemudaan, LSM, lembaga pendidikan dengan berpedoman pada buku Pedoman Pelaksanaan Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023 yang dikeluarkan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Posisi Indonesia memang sedang berproses menyelesaikan persoalan korupsi, kemiskinan, pengangguran, narkoba, pornografi,hoax, hate speech serta sejumlah problem bangsa lainnya. Tetapi semua itu bukan menjadi alasan bagi para pemuda untuk berhenti dan pesimis menatap masa depan Indonesia. Karena itu, selain 8 Pedoman Pelaksanaan Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-95 Tahun 2023 kritis, para pemuda harus tetap optimis dalam membangun masa depan Indonesia. (SW).