PA SERUI MELAKSANAKAN UPACARA HARI KESAKTIAN PANCASILA 2023

Pada Hari Senin tanggal 2 Oktober 2023 pukul 08.00 WIT melaksanakan Upacara Hari Kesaktian Pancasila yang diikuti seluruh pegawai Pengadilan Agama Serui ini diperingati untuk mengenang para pahlawan revolusi yang gugur akibat dari Partai Komunis Indonesia dalam peristiwa G30S/PKI. Upacara yang bertempat di halaman Kantor PA Serui dengan Susunan Upacara sebagai berikut : Pembina Upacara oleh Ketua Pengadilan Agama Serui YM Bapak Muhammad Taufiq Torano, S.H.I., Perwira Upacara oleh Sekretaris PA serui Bapak Mohammad Amir Damiri, S.H.I., Pembaca Undang-Undang oleh Plt. Kasubbag Kepegawaian dan Ortala Ibu Irmawati Ta’gan, S.STP,M.Si, Pembaca Ikrar oleh Analisis Perkara Peradilan Bapak Muhammad Yusril Yusuf, S.H.,Pembawa Acara oleh Analisis Perkara Peradilan Ibu Nurhidayah Amriani, S.H., Pembaca Doa oleh Jurusita Pengganti Bapak Muhammad Syafril, Ajudan Pembina Upacara oleh Penyusun Laporan Keuangan Bapak Eka Chandra Setiawan, S.E., dan Pemimpin Upacara oleh Bapak Rizki Dani Rahantan.

1 Oktober diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Dalam rangkaian Upacara, membacakan naskah Ikrar Hari Kesaktian Pancasila yang dikutip dari Pedoman Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 sebagaimana di lansir Kemendikbudristek. Adapun tema yang diusung dalam Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2023 adalah “Pancasila Pemersatu Bangsa menuju Indonesia Maju” dengan tujuan untuk mengingatkan masyarakat tentang ideologi Pancasila sebagai pondasi kehidupan bangsa yang tidak dapat digantikan dengan ideologi lainnya.

Peringatan tersebut merupakan momentum penting untuk mengenang perjuangan para pahlawan revolusi yang gugur pada 30 September. Biasanya, terdapat pelaksanaan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di tingkat pusat, daerah, hingga satuan pendidikan. Kegiatan tersebut berjalan sistematis mengikuti sebuah susunan acara. Sehubungan tanggal 1 oktober jatuh di hari Minggu maka Pengadilan Agama Serui melaksanakan Upacara Kesaktian Pancasila di hari Senin tanggal 2 Oktober 2023. Semoga momentum ini menjadikan titik semangat perjuangan dalam melayani Pencari Keadilan di Kabupaten Kepulauan Yapen. (SW)