PA SERUI FASILITASI PEMERIKSAAN SAKSI MELALUI SIDANG TELECONFERENCE DALAM PERKARA SENGKETA TATA USAHA NEGARA YANG DITANGANI OLEH PTUN JAYAPURA

Serui – Pada Hari Rabu tanggal 29 Maret 2023 telah dilaksanakan sidang jarak jauh (teleconference) yang difasilitasi oleh Pengadilan Agama Serui pada Sidang Senketa Tata Usaha Negara dalam Rangka Pengambilan Keterangan Saksi. Pengambilan keterangan saksi ini diadakan di ruang sidang PA Serui pada pukul 10:00 WIT sampai pukul 11:00 WIT. Adapun yang diambil keterangannya sebagai Saksi yaitu dua Pegawai Negeri Sipil (PNS) selaku Rohaniawan pada Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Yapen dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Yapen Bapak Yohanes G. Raubaba, S.Sos.

Sidang Sengketa TUN ini dilaksanakan atas persetujuan Ketua Pengadilan Agama Serui YM Bapak Muhammad Taufiq Torano, S.H.I. beserta unsur pimpinan baik Panitera dan Sekretaris PA Serui. Adapun bertindak sebagai Juru Sumpah yakni Panitera PA Serui Bapak Edi Rosadi Mello, S.H., M.H. yang menuntun sumpah untuk PNS yang beragama Islam dari Kemenag Kabupaten Kep. Yapen, serta rohaniawan dari kalangan kristen yang menuntun sumpah dari PNS yang beragama Kristen dari Kemenag dan Ketua DPRD Kabupaten Kep. Yapen.

Ketua Majelis dalam sidang Pengadilan Tata Usaha Negara Jayapura atas sengketa TUN ini sangat berterima kasih atas fasilitas dan bantuan yang diberikan oleh PA Serui untuk mempermudah dan melancarkan persidangan ini. PA Serui sangat menyambut baik jika ada Pengadilan atau masyarakat pencari keadilan yang meminta akses untuk sidang jarak jauh karena ini memberikan kemudahan bagi masyarakat pencari keadilan secara umum dan masyarakat Kabupaten Kepulauan Yapen secara khusus. Hal ini sesuai dengan asas peradilan yaitu sederhana, cepat dan biaya ringan yang selalu dikedepankan untuk memperoleh baik keadilan substantif maupun keadilan prosedural. (yy)