PTA Jayapura Mengadakan Buka Bersama

WAKA PTA JAYAPURA SOSIALISASIKAN TEKNIK MENYUSUN PUTUSAN TINGKAT PERTAMA

Momentum  Ramadhan 1437 H dijadikan wadah oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama ( PTA ) Jayapura Drs.H.Firdaus Muhammad Arwan, S.H., M.H. untuk berbagi pengetahuan terkait teknik penyusunanputusan di tingkat pertama.

Acara yang dikemas dalam bentuk Seminar dan Diskusi Hukum bertajuk “ Teknik Menyusun Putusan di Tingkat Pertama “ dan bertempat di Aula PTAJayapura ( Senin, 13 Juni 2016 ) ini diikuti Hakim Tinggi PTA Jayapura, Ketua, Wakil Ketua, dan Hakim Pengadilan Agama di Wilayah Jayapura, Sentani, dan Arso serta para pejabat fungsional di lingkungan PTA Jayapura.

Mantan Hakim Tinggi PTA Yogyakarta ini dalam pemaparannya mengungkapkan bahwasanya mahkota seorang hakim adalah putusan.” Putusan yang berkualitas mencerminkan kualitas dari hakim tersebut ,” ujar pria kelahiran Bantul 58 tahun lalu.

Dalam penjelasannya, beliau menegaskan bahwa untuk memperoleh putusan yang berkualitas dan berkeadilan setidaknya hakim berpegang pada prinsip 4T- 4M yakni : tepat memeriksa, tepat mengkonstatir, tepat mengkualifisir, tepat mengkonstituir dengan prinsip moral justice, social justice, legal justice. Dititikberatkan pula oleh beliau adalah asas  hakim yang menjadi roh dalam memeriksa suatu perkara adalah :

  1. Menguasai dan mentaati hukum acara;
  2. Taat pada asas audi et alteram partem;
  3. Cermat, teliti,terampil, dan bijaksana;
  4. Lengkap menuangkannya dalam berita acara.

Sekretaris PTAJayapura, Misnudin, S.H.,M.H. yang turut hadir dalam acara  tersebut mengungkapkan bahwa kegiatan perdana ini akan menjadi program rutin PTA Jayapura yang dilaksanakan setiap awal pekan.” Diharapkan dengan kegiatan semacam ini mampu mengangkat kualitas putusan hakim di Wilayah PTA Jayapura”, imbuh pak sekretaris. (red )

Sumber: www.pta-jayapura.go.id


http://pta-jayapura.go.id/artikel-910-waka–pta–jayapura–sosialisasikan-teknik-menyusun-putusan-tingkat-pertama.html#ixzz4CkU9ylYi