KETUA PENGADILAN AGAMA SERUI MENGHADIRI RAPAT PARIPURNA DPRD KABUPATEN KEPULAUAN YAPEN

Kota Serui – Rabu, 11 Januari 2023 telah dilaksanakan Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Kepulauan Yapen dalam rangka Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kepulauan Yapen Tahun Anggaran 2023 di gedung DPRD Kabupaten Kepulauan Yapen. Ketua Pengadilan Agama Serui YM Bapak Muhammad Taufiq Torano, S.H.I. turut hadir dalam acara ini.

Rapat Paripurna ini dihadiri oleh PJ. Bupati Kepulauan Yapen, Bapak Cyfrianus Y Mambay, Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Yapen, Ketua Pengadilan Agama Serui dan Ketua Pengadilan Negeri Serui, Jajaran Forkopimda Kabupaten Kepulauan Yapen, Sekda Kabupaten Kepulauan Yapen, Para Pejabat Sipil, Perwira TNI dan Polri, Pimpinan BUMN/BUMD, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Pimpinan Partai Politik, Pimpinan Organisasi Wanita, Pemuda dan hadirin yang terlibat.

Rapat Paripurna ini dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Yapen Bapak Yohanes Gerad Raubaba. Dalam pidato Pj. Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen menyampaikan bahwa “Terima kasih dan penghargaan kepada Pimpinan dan Anggota DPRD atas kesempatan yang diberikan untuk menyampaikan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kepulauan Yapen tahun anggaran 2023.” Adapun kebijakan-kebijakan untuk pendapatan daerah tahun anggaran 2023 Kabupaten Kepulauan Yapen sebagai berikut:

  1. Penyesuaian regulasi sebagai dasar hukum pemungutan dan penguatan pengelolaan pemungutan;
  2. Pengalihan potensi pendapatan baru sesuai kewenangan dan peraturan perundang-undangan, terutama di luar pajak dan retribusi daerah;
  3. Meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan pendapatan daerah dengan memanfaatkan sistem informasi yang berbasis teknologi informasi;
  4. Mendorong pembentukan sistem pembayaran pendapatan daerah yang langsung ke bank atau lembaga keuangan;
  5. Meningkatkan koordinasi kerjasama dan dukungan antara OPD yang terkait dengan pengelolaan pendapatan daerah;
  6. Meningkatkan evaluasi, monitoring, dan pengawasan atas pengelolaan pendapatan daerah;
  7. Meningkatkan partisipasi dan peranan pihak ketiga penyediaan biaya pembangunan daerah;
  8. Pembentukan satuan tugas untuk optimalisasi pungutan pajak daerah dan retribusi daerah.

Kemudian, mengacu pada kebijakan Anggaran Pendapatan Daerah APBD Kabupaten Kepulauan Yapen direncanakan sebesar 1 Trilyun, 164 Milyar, 373 Juta, 150 ribu rupiah. Semoga dengan anggaran yang begitu besar dapat menciptakan pembangunan baik infrastruktur maupun sumber daya manusia (SDM) Kabupaten Kepulauan Yapen. Pengadilan Agama Serui mendukung penuh kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen untuk terus memberikan pelayanan prima bagi masyarakat yang ada di Kabupaten Kepulauan Yapen. (yy)