Ke Kampung Pandoami, Tim Pengadilan Agama Serui antarkan langsung Produk Pengadilan untuk masyarakat

Serui, Kabupaten Kepulauan Yapen , Papua, Jumat 6 Agustus 2021 Tim Pengadilan Agama Serui yang terdiri dari Ketua Pengadilan Agama Serui, Bapak Moch. Syah Ariyanto, S.H.I, didampingi oleh Sekretaris Pengadilan Agama Serui, Bapak Muhammad Jabal Nur, S.H.I dan PLH Panitera Pengadilan Agama Serui, Bapak Abdul Rahman, S.H.I berkunjung ke Desa Pandoami Sebuah kampung yang terdapat cukup banyak Mualaf yang berada di Distrik Kosiwo, Kabupaten Kepulauan Yapen yang berjarak sekitar 21 Kilometer dari Kantor Pengadilan Agama Serui.

(PLH Panitera PA Serui menyerahkan salinan penetapan kepada warga Kampung Pandoami)

Tujuan kedatangan Tim dari Pengadilan Agama  Serui ke Desa Pandoami adalah untuk mengantarkan sendiri produk Pengadilan Agama serui yaitu berupa salinan penetapan nikah atau Itsbat Nikah kepada para pihak atau masyarakat yang telah melakukan proses sidang keliling yang diselenggarakan oleh PA Serui pada tahun 2017 lalu. Hal ini dilakukan oleh Ketua PA Serui karena mendapat informasi dari masyarakat beberapa waktu lalu bahwa masyarakat  di wilayah tersebut hingga saat ini belum memiliki buku nikah dan kesulitan dalam mengurus administrasi lainnya padahal telah selesai proses sidang itsbat nikah/penetapan nikah;

(Tim PA Serui saat berkoordinasi dengan salah seorang warga Kampung Pandoami)

Menindaklanjuti masalah tersebut Ketua PA Serui langsung mengambil sikap dan segera berkoordinasi dengan bidang kepaniteraan PA Serui untuk menginventarisir perkara yang telah dilakukan atau telah dilaksanakan sidang keliling/sidang di luar gedung di Desa Pandoami tersebut, lalu membuatkan salinan penetapan untuk selanjutnya diantarkan atau didistribusikan kepada masyarakat atau para pihak atau yang dipercaya mewakili untuk menerima salinan penetapan tersebut hal tersebut diawasi langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Serui, langkah ini juga sekaligus melegakan PA Serui karena telah “melunasi hutang masa lalu” kepada para pihak dan masyarakat pencari keadilan.

(PLH Panitera PA Serui menyerahkan salinan penetapan kepada pengurus Masjid Al-Hidayah Pandoami, didampingi oleh Ketua PA Serui dan disaksikan oleh Sekretaris PA Serui)

Ketidak pahaman dan minimnya informasi terkait prosedur atau proses yang harus mereka tempuh untuk mendapatkan salinan penetapan tersebut serta akses telekomunikasi yang cukup sulit sehingga Masyarakat tersebut hanya bersikap pasrah dan membiarkan hal tersebut hingga bertahun-tahun. bahkan salah satu pihak yang perkaranya telah diitsbatkan  telah meninggal dunia beberapa waktu yang lalu sebelum mendapatkan produk penetapan yang merupakan haknya dan hal ini membuat Ketua PA Serui merasa cukup sedih dan menyayangkan hal tersebut. Atas peristiwa itu Ketua PA Serui berpesan kepada Tim, untuk bersama-sama meninggalkan paradigma lama Pengadilan yang bersikap pasif dalam pelayanan, apa yang bisa dilakukan saat ini untuk memberikan pelayanan terbaik kepada Masyarakat maka lakukan dengan totalitas, penuh keikhlasan, tanggungjawab  serta dengan rasa cinta akan pekerjaan ini sebagai wujud syukur atas amanah yang telah dipercayakan kepada kita.  selalu Ingat jika kita berbuat baik, maka kebaikan itu akan kembali kepada kita juga.

(Penyerahan buah tangan dari Tim PA Serui oleh Ketua PA Serui kepada pengurus Masjid Al-Hidayah Pandoami)

Dalam hal ini Ketua PA Serui juga menyampaikan pesan ke Masyarakat jika membutuhkan pelayanan hukum dari Peradilan Agama Serui namun terkendala biaya dan transportasi yang sulit, maka Pengadilan Agama siap dengan pelayanan perkara prodeo dan sidang di luar gedung/sidang keliling dengan harapan kepentingan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan hukum PA Serui dapat terselesaikan atau terlayani dengan baik. Tidak lupa Ketua PA Serui juga memberikan oleh-oleh atau buah tangan sekedarnya sebagai bentuk perhatian secara pribadi beliau kepada Masyarakat.