DISKUSI ONLINE (DISKON) KESEKRETARIATAN PENGADILAN AGAMA SEWILAYAH PENGADILAN TINGGI AGAMA JAYAPURA

Serui – Pada hari Rabu tanggal 18 Oktober 2023 pukul 08.30 Wit dalam rangka diskusi online kesekretariatan yang di laksanakan Pengadilan Tinggi Agama Jayapura bertujuan untuk mendiskusikan atauran terkait cuti tahunan dan cuti sakit, kegiatan ini di iikuti oleh Sekretaris PA Serui Bapak Mohammad Amir Damiri, S.H.I., Kasubag Umum dan Keuangan Ibu Fifi Tilome,S.E.,Kasubbag PTIP Bapak Satrio Wicaksono, S.IP, M.Si, Kasubbag Kepegawaian dan Ortala Ibu Irmawati Ta’gan, pranata komputer Bapak Jimmy Sasbe, S.Kom, Ibu Kurniawati L.,S.Si dan Ibu Iswi Mahdhah Rumbouw, S.H. kegiatan Zoom berjalan dengan baik dan lancar.

Dalam diskusi online ini disampaikan bahwa hakim dan aparatur yang telah bekerja paling kurang 1 (satu) tahun secara terus menerus berhak mendapatkan cuti tahunan. Kemudian, dari Penggunaan Cuti Tahunan di bahas 6 point yaitu :
1. Lamanya Hak Cuti Tahunan adalah 12 hari kerja;
2. Cuti bersama yang ditetapkan selain oleh presiden mengurangi lamanya Hak Cuti Tahunan;
3. Permintaan Cuti Tahunan dapat diberikan 1 (satu) hari kerja;
4. Cuti Tahunan yang akan dijalankan ditempat yang sulit perhubungannya, maka jangka waktu Cuti Tahunan tersebut dapat di tambah untuk paling lama 12 (dua belas) hari kalender;
5. yang dimaksud dengan sulit perhubungannyasebagaimna dimaksud pada point (4) adalah alat transportasi sangat terbatas dan lokasi sulit terjangkau;
6. penambahan Cuti Tahunan sebegaimana yang dimaksud pada point (4) tidak dapat di pecah hingga paling sedikit 6 (enam) hari kalender.

Hak Cuti Sakit :
1. Hakim dan aparatur yang menderita sakit berhak atas Cuti Sakit;
2. Aparatur yang mengalami gugur kandungan berhak atas Cuti Sakit paling lama 1 1/2 (satu setengah) bulan;
3. Aparatur yang mengalami kecelakaan dalam dan oleh karena menjalankan tugas kewajibannya berhak atas cuti sakit sampai sembuh dari penyakitnya.

Dari Diskusi Online ini bahwasannya penggunaan Cuti Sakit, Cuti Tahunan dan Cuti alasan penting selama di gunakan sesuai aturan maka masih memperoleh penghasilan terdiri atas gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan dan tunjangan jabatan, tetap disesuaikan dengan ketentuan yang ada pada aplikasi KOMDANAS (Komunikasi Data Nasional). Semoga dengan DISKON ini dapat menambah pengetahuan terkait Cuti Tahunan dan Cuti Sakit sesuai aturan yang ditetapkan. (SW)