BIMBINGAN TEKNIS KESEKRETARIATAN SE-WILAYAH HUKUM PENGADILAN TINGGI AGAMA JAYAPURA

Serui – Pada hari Senin tanggal 23 Oktober s/d 25 Oktober 2023 dilaksanakan Bimbingan Teknis Kesekretariatan bertempat di hotel Horizon Kotaraja Jayapura di buka langsung oleh Ketua Pengadilan Tinggi Jayapura YM Bapak Dr. H. Yusuf Buchori, S.H., M.S.I di dampingi oleh YM Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jayapura YM Bapak Drs. H. M. Rosyid Ya’kub, S.H., M.S.I., Panitera Bapak Muhammad Yasir Nasution dan Sekretaris Bapak Sutris, S.H., M.H. Dari Pengadilan Agama Serui di wakilkan oleh Sekretaris PA Serui Bapak Mohammad Amir Damiri,S.H.I. dan Panitera Bapak Saiful Mujib,S.H. Dalam sambutannya Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jayapura mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah menyelenggarakan kegiatan bimbingan teknis dan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah datang dari seluruh Satker di Provinsi Papua.

Dalam kegiatan Bimtek ada tujuh hal yang dibahas sebagai berikut :
1. Inzage
Meneliti apakah semua hal dan peristiwa yang terjadi selama proses berlangsung benar-benar di masukkan dalam berkas perkara secara obyektif sebagaimana mestinya.
Meneliti apakah semua alat bukti dan keterangan saksi atau ahli maupun pemeriksaan setempat (jika ada).
Meneliti apakah hukum yang diterapkan telah sesuai dengan pokok perkara yang disengketakan
2. BAS (Musyawarah Majelis)
Musyawarah Majelis dilakukan dalam sidang tertutup dan rahasia (psl.17 (3) UU No. 14 tahun 1970) bahkan panitera sidang harus keluar dan jika dipandang perlu dapat mengikuti sidang musyawarah atas persetujuan majelis (Buku II pola Bindalmin Tahun 2014 hal. 32)
3. Penutupan Eksekusi
Setiap Perubahan status dalam eksekusi harus didasarkan pada penetapan Ketua Pengadilan Agama, sehingga untuk menutup perkara eksekusi harus didasarkan pada penetapan Ketua.
4. Berperkara Dengan Tarif Yang Dikurangi
Saat ini tidak mungkin dilaksanakan layanan Prodeo Murni, karena ada biaya-biaya yang tidak terelakkan harus dibayar oleh para pihak seperti Biaya ATK, Biaya Materai, Biaya Pengumuman Mass Media, Biaya Pengiriman Surat jika mohon bantuan atau surat tercatat, Biaya Rogatory, Biaya Penterjemah.
5. Realisasi Prodeo Tidak terserap Karena Penggunaan E-Court
6. Masih ditemukan Keterlambatan Pengiriman Berkas Banding
7. Data Penggunaan surat tercatat untuk Wilayah Papua masih Nihil pada Dashboard POS sementara Pada Kinsatker telah terisi.

Selanjutnya mengakhiri pembukaan kegiatan Bimtek Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jayapura  berpesan untuk meningkatkan disiplin dan integritas dengan tulus ikhlas untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.  Selanjutnya sebagai tanda dimulainya kegiatan Bimbingan Teknis Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jayapura melakukan pemukulan tifa dan penyematan kalung tanda peserta.(SW)