ASISTENSI PENJAMINAN MUTU DI PA SERUI

Pengadilan  Agama Serui sebagai salah satu yang dinominasikan untuk mendapatkan sertifikasi akreditasi penjaminan mutu pengadilan agama mendapatkan giliran untuk memperoleh pendampingan atau asistensi dari Tim Asistensi Penjaminan Mutu dari PTA Jayapura. Adapun Tim Asistensi Penjaminan Mutu PTA Jayapuran terdiri dari Drs. H. Ilham (Hakim Tinggi PTA Jayapura) sebagai Ketua Tim, Abdul Mutalip, S.Ag,. M.H., (Sekretaris PTA Jayapura) sebagai Sekretaris Tim dan Drs. Musbir (Wakil panitera PTA jayapura), Dra. Hj.  St. Hartatia (Panmud Banding PTA Jayapura), (Haerudidin, S.Ag) sebagai Anggota.

Asistensi Penjaminan Mutu dilaksanakan selama 3 hari kerja yaitu hari Senin hingga hari Rabu tanggal 21 s.d 23 Agusutus 2017. Kegiatan Asistensi Penjaminan Mutu yang dilakukan oleh PTA adalah sebagai upaya persiapan sertifikasi akreditasi penjaminan mutu Pengadilan Agama

Adapun sasaran sertifikasi akreditasi penjaminan mutu terdiri dari administrasi manajemen, administrasi kesekretarian dan administrasi kepaniteraan.  Pendampingan atau asistensi yang dilakukan Tim dengan cara pertama adalah memberikan pemahaman tentang pengertian dan sejarah penerapan sertifikasi akreditasi penjaminan mutu Pengadilan Agama kemudian dilanjutkan memeriksa SOP dan Instrumen yang sudah ada di Pengadilan Agama, setelah itu memberikan saran dan masukan terhadap kekurangan instrumen atau SOP agar supaya dilengkapi.

Adapun hasil dari Asistensi Penjaminan Mutu meskipun ada beberapa kekurangan seperti tidak tercatatnya kegiatan rapat dan tidak adanya undangan rapat serta dan lainnya, akan tetapi secara keseluruhan cukup baik bahkan Tim merasa cukup terbantu dengan adanya dokumen-dokumen yang ada di Pengadilan Agama Serui.

Pada akhirnya Tim Asistensi Penjaminan Mutu Pengadilan Tinggi Agama mengharap kepada seluruh aparatur Pengadilan Agama Serui agar meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat dan menjaga kebersihan dan keindahan kantor serta menciptakan inovasi-inovasi baru sebagai pendukung dalam peningkatan pelayanan masyarakat karena inovasi adalah nilai tambah bagi Pengadilan Agama Serui dalam memperoleh sertifikasi manajemen mutu Pengadilan Agama, selanjutnya seluruh Tim Asistensi Penjaminan Mutu PTA mengucapkan terima kasih.

@RHT