APEL SORE PERPISAHAN PENGADILAN AGAMA SERUI DENGAN PANITERA PENGGANTI, ABDUL RAHMAN, S.H.I.

Serui, Kab. Kepulauan Yapen. Apel Sore pada hari Jumat tanggal 24 September 2021 terasa berbeda karena merupakan Apel Sore terakhir keluarga besar Pengadilan Agama Serui dengan Panitera Pengganti, Bapak Abdul Rahman, S.H.I. berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Badilag Nomor : 2752/DjA/KP.04.6/SK/9/2021 Tentang Pengangkatan/Pemindahan dalam Jabatan Kepaniteraan di Lingkungan Peradilan Agama. Dalam lampiran surat keputusan tersebut diterangkan bahwa Bapak Abdul Rahman, S.H.I yang berstatus sebagai Panitera Pengganti di Pengadilan Agama Serui mendapat promosi kenaikan jabatan menjadi Panitera Muda Hukum di Pengadilan Agama Biak.Kilas balik perjalanan karir Bapak Abdul Rahman, S.H.I di Pengadilan Agama Serui boleh dibilang baik, pria kelahiran Jakarta 13 Februari 1984 yang sering di sapa dengan panggilan Paman oleh rekan-rekan di Pengadilan Agama Serui memulai karir sebagai staf kepaniteraan di Pengadilan Agama Serui sejak tahun 2018 sebagai Staf Kepaniteraan berkat kerja keras dan kedisiplinannya Bapak Abdul Rahman, S.H.I. kemudian mendapat promosi jabatan menjadi Panitera Pengganti di Pengadilan Agama Serui pada akir tahun 2019, sejak menjadi Panitera Pengganti Bapak Abdul Rahman, S.H.I sering menjadi andalan Tim PTSP Pengadilan Agama Serui dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan, yang mana dibuktikan dengan diraihnya penghargaan Juara II Kategori Pendaftaran Perkara Terbanyak Melalui e-Court di Tahun 2020 dan di Tahun 2021 oleh Pengadilan Tinggi Agama Jayapura. Hal ini tidak lepas dari campur tangan beliau semasa mengabdi sebagai Tim PTSP Pengadilan Agama Serui.

(Ketua Pengadilan Agama Serui memberikan Piagam Penghargaan kepada Panitera Pengganti Abdul Rahman, S.H.I)

Sebelum mengadakan Apel Jumat Sore keluarga besar Pengadilan Agama Serui juga mengadakan acara kecil berupa bakar-bakar ikan untuk kemudian melakukan makan bersama sebagai bentuk kenang-kenangan terakhir kepada Bapak Abdul Rahman, S.H.I. Dalam penyampaian amanatnya Ketua Pengadilan Agama Serui Bapak Moch. Syah Ariyanto, S.H.I. mengatakan bahwa perpisahan merupakan sepertiga dari kematian, yang mana akan sangat susah untuk dapat dipertemukan kembali apabila sudah berpisah dan juga Ketua Pengadilan Agama Serui pun mengucapkan terimakasih kepada Bapak Abdul Rahman, S.H.I atas semua kontribusinya selama bertugas di Pengadilan Agama Serui, satu hal yang dikenang sekali oleh Ketua Pengadilan Agama Serui adalah Bapak Abdul Rahman, S.H.I adalah seorang yang punya inisiatif dan kepedulian untuk membangun Kantor Pengadilan Agama Serui.

(Bapak Abdul Rahman, S.H.I. bersama Tim PA Serui saat menyerahkan salinan putusan kepada Pengurus Masjid di Kampung Pandoami)

Kami segenap keluarga besar Pengadilan Agama Serui juga mengucapkan terimakasih berkat semua jasa dan kontribusi dari Bapak Abdul Rahman, S.H.I dan mendoakan yang terbaik untuk masa depan Bapak Abdul Rahman, S.H.I. semoga dengan diraihnya jabatan yang baru sebagai seorang Panitera Muda Hukum semua tugas dan tanggung jawab dapat dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan amanah. Selamat bertugas di Pengadilan Agama Biak Paman. (jim)