SOSIALISASI ECOURT PADA PENGADILAN AGAMA SERUI

Dengan PERMA (Peraturan Mahkamah Agung )RI Nomor 3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara di Pengadilan secara elektronik, yang poluler dengan nama E-Court atau pendaftaran (e-filling), pembayaran (e-payment) serta pemanggilan (e-summon) secara online, mulai diberlakukan Tahun 2019. Oleh karenanya Pengadilan Agama Serui pada hari ini, tanggal 15 Juli 2019 menggelar sosialisasi E-Court yang dihadiri oleh para advokat sewilayah Serui , para Hakim dan Aparat Sipil Negara pada Pengadilan Agama Serui.

KPA Serui membuka dan menyampaikan beberapa materi penting tentang E-Court menyampaikan secara umum mengenai E-Court yang pada pokoknya adalah sebagai berikut :


E-Court dilatarbelakangi oleh hal-hal yang berkaitan dengan meminimalisir/mempersempit kontak langsung para pihak dengan aparat di Pengadilan, in casu PA Serui dalam hal penyimpangan ataupun pelanggaran kode etik.
Selanjutnya diperjelas oleh KPA Serui , bahwa E-Court memberi kemudahan kepada siapapun (online) tanpa harus datang ke Pengadilan, dengana menjunjung tinggi azas sederhana, cepat dan biaya ringan. Dan pada hakekatnyaa E-Court sangat relevan dengan kondisi geografis kepulauan di Indonesia.