Launching “SIPINTAR” dan “One Touch Registrasi Perkara Online” pada Pengadilan Agama Serui Kelas II

Serui, Tepat pada pukul 11.22 wit tanggal 28 November 2017 adalah merupakan momentum yang sangat berharga dan membahagiakan bagi warga Pengadilan Agama Serui Kelas II, Dua karya Inovatif berupa Sistem Informasi Penelusuran Arsip dan Tata Persuratan (SIPINTAR) dan One Touch Registrasi Perkara Online resmi di launching oleh bapak Bupati Kepulauan Yapen yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen di Aula Pengadilan Agama Serui Kelas II. Ketua Pengadilan Agama Serui Kelas II (Ihyaddin, S.Ag.,M.H.) dan Ketua Pengadilan Negeri Serui (Yance Patiran, S.H.) ikut mendampingi sekretaris daerah Kabupaten Kepulauan Yapen secara bersama-sama menekan tombol sebagai tanda di launchingnya dua karya inovasi tersebut.

Pada sambutannya, Bupati yang dibacakan Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen mengatakan bahwa penerapan teknologi informasi pada instansi sangat membantu dalam pelaksanaan tugas-tugas perkantoran yakni pelaksanaan tugas akan lebih efektif, efisien, cepat dan tepatguna khususnya dapat mengatasi keterbatasan jumlah Sumber Daya Manusia di Instansi. Hal ini sejalan dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi Transaksi Elektronik serta Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2008 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-government,  bahwa penggunaan dan pemanfaatan teknologi informasi harus dikembangkan untuk menjaga, memelihara dan memperkokoh persatuan dan kesatuan Nasional. Dan berangkat dari situ Pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen mendukung langkah-langkah yang diambil oleh Pengadilan Agama Serui Kelas II dalam hal pemanfaatan penggunaan teknologi guna memberikan layanan baik external (masyarakat/pencari keadilan) maupun internal (instansi) yang dituangkan dalam Aplikasi SIPINTAR dan One Touch Registrasi Perkara Online.

Secara pribadi Sekretaris Daerah sangat berkesan dengan inovasi yang dilakukan oleh Pengadilan Agama Serui Kelas II yang telah memulai menggunakan teknologi dalam memberikan pelayanan. Dan beliau juga berharap layanan ini bisa disosialisasikan ke seluruh instansi Pemerintah Daerah Kepulauan Yapen. Diakhir sambutan nya beliau berharap apa yang telah dilakukan oleh Pengadilan Agama Serui Kelas II dapat diadopsi oleh instansi pemerintah lainnya di Kabupetan Kepulauan Yapen dengan semangat untuk menuju pada tata kelola instansi yang baik.

Dalam waktu terpisah setelah dilakukan launcing tim redaksi melakukan wawancara terhadap salah satu peserta sosialisasi yang dalam hal ini bapak Heri S. selaku Ketua dari kerukunan PANJAWI yang ada di Kelupauan Yapen dan beliau memberikan apresiasi yang sangat tinggi terhadap Pengadilan Agama Serui Kelas II yang telah memberikan solusi yang terbaik bagi masyarakat dalam memberikan pelayanan, karena dengan dilaunchingnya SIPINTAR dan One Touch Registrasi Perkara Online akan dapat menghemat dari segi waktu, tenaga dan pikiran yang seharusnya masyarakat keluarkan lebih banyak akhirnya dapat dipersingkat dengan hadirnya layanan tersebut.

Bapak ketua Pengadilan Agama Serui Kelas II dan sekaligus mentor kedua aplikasi SIPINTAR dan One Touch Registrasi Perkara online yang baru saja dilaunching juga memberikan apresiaasi yang sangat tinggi atas layanan yang baru saja dilaunching dan terhadap layanan tersebut agar terus melakukan sosialisasi pada masyarakat baik di komunitas umat Islam maupun melalui pemerintah daerah sehingga layanan dapat membumi di masyarakat dan dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Dari sebelah kiri Rofii, S.H. (Reformer), Bapak Ihyaddin, S.Ag.,M.H. (KPA), Bapak Ir. Alexander Nussy, M.M.,(SEKDA), Bapak Yance P, S.H.(KPN) , Bapak Ribeham, S.Ag.(Wakil KPA), dan yang terakhir Bapak H. udin Rumbouw, S.Hi.(Panitera)

Sedangkan untuk dapat mengimplementasikan Sistem Informasi Penelusuran Arsip dan Tata Persuratan (SIPINTAR) ke dalam bentuk aplikasi, Reformer dalam hal ini saudara Syamsul Bahri, S.H. membentuk tim kerja SIPINTAR yang diketuai oleh saudara Ananto Widagdo, S.HI. selaku Ka. Sub. Bag. Perencanaan, Teknologi Informasi dan Pelaporan Pengadilan Agama Serui Kelas II sedangkan untuk One Touch Registrasi Perkara Online yang digagas oleh saudara Rofii diimplementasikan kedalam bentuk Aplikasi oleh cahkreatif.com yang dimotori oleh (Bapak Sapuan, S.HI.) akhirnya apabila masyarakat ingin mengunakan layanan One Touch Registrasi Perkara Online cukup mengunjugi www.pendaftaran.pa-serui.go.id, adapun kedua aplikasi tersebut sama sama mengunakan system web base (c4pun987).