SISTIM INFORMASI PENGAWASAN (SIWAS)

 

SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI. Yang mana pengaduan tersebut bersifat terbuka baik bagi internal maupun publik. Pengaduan ini bisa melalui :

  • sms
  • email
  • telfon


secara online melalui aplikasi SIWAS 
langsung ke meja pengaduan pengadilan bersangkutan.
 SIWAS ditujukan untuk Anda yang memiliki informasi dan ingin melapirkan sesuatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik RI atau Peradilan di bawahnya.
 Dasar hukum SIWAS ini mengacu kepada ” PERMA NO. 9 Tahun 2016″ tentang pedoman penanganan pengaduan di Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang berada dibawahnya.

Pertanyaan yang sering di ajukan Tentang SIWAS

Apa itu whistleblowing system ?”Whistleblowing System adalah aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.” Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI menghargai informasi yang Anda laporkan karena Fokus kami adalah materi informasi yang Anda Laporkan. “Penanganan Whistleblowing tidak melayani pengaduan yang berkaitan dengan masalah perkara.”Unsur pengaduan apa saja yang bisa dilaporkan ?

  1. What : Perbuatan berindikasi pelanggaran yang diketahui
  2. Where : Dimana perbuatan tersebut dilakukan
  3. When : Kapan perbuatan tersebut dilakukan
  4. Who : Siapa saja yang terlibat dalam perbuatan tersebut
  5. How : Bagaimana perbuatan tersebut dilakukan (modus, cara, dsb.)

Bagaimana dengan kerahasiaan data diri saya sebagai pelapor ?Badan Pengawasan Mahkamah Agung akan

merahasiakan identitas pribadi Anda sebagai pelaporkarena Badan Pengawasan hanya fokus pada informasi yang Anda laporkan. Badan pengawasan sangat berhati-hati dalam penanganan pengaduan dengan menjaga kerahasiaan Identitas Pelapor dan kerahasiaan Materi Pelaporan termasuk surat menyurat dan berkas penanganan Pengaduan sampai dengan adanya keputusan terbukti. Kerahasiaan akan tetap terjamin bila anda memperhatikan hal hal berikut :

  • Jika ingin identitas Anda tetap rahasia, jangan memberitahukan/mengisikan data-data pribadi, seperti nama Anda, atau hubungan Anda dengan pelaku-pelaku.
  • Jangan memberitahukan/mengisikan data-data/informasi yang memungkinkan bagi orang lain untuk melakukan pelacakan siapa Anda.
  • Hindari orang lain mengetahui nama samaran (username), kata sandi (password) serta nomor registrasi Anda.

Apa hak-hak yang saya dapatkan sebagai pelapor ?Mendapatkan perlindungan kerahasiaan identitasnya;

  1. Mendapatkan kesempatan untuk dapat memberikan keterangan secara bebas tanpa paksaan dari pihak manapun;
  2. Mendapatkan informasi mengenai tahapan laporan/Pengaduan yang didaftarkannya;
  3. Mendapatkan perlakuan yang sama dan setara dengan Terlapor dalam pemeriksaan;
  4. Mengajukan bukti untuk memperkuat Pengaduannya; dan mendapatkan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) dirinya.

Bagaimana tahapan proses pengaduan yang anda laporkan ?

Selain SIWAS, pengaduan bisa disampaikan kemana ?

  1. Layanan pesan singkat (SMS) Ke Nomor 085282490900 dengan format SMS:nama pelapor#nip/no.identias pelapor#nama terlapor#satuan kerja terlapor#isi pengaduan.
  2. Surat elektronik (e-mail):pengaduan@badanpengawasan.net
  3. Telepon/Faksimile :(021) 21481233
  4. Meja Pengaduan Badan Pengawasan MA RI dan atau Meja Informasi di Pengadilan
  5. Surat, kirim ke:Kepala Badan Pengawasan MA RI Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 By Pass Cempaka Putih Timur Jakarta Pusat – 13011 Atau Kotak Pengaduan Pada Badan Pengawasan