PENGAWASAN REGULAR PTA JAYAPURA PADA PENGADILAN AGAMA SERUI KELAS II

Sebagaimana surat tugas nomor W.25-A/282/Kp.01/3/2019 dari PTA Jayapura, Pengadilan Agama Serui kembali mendapatkan pengawasan regular dari PTA Jayapura tepatnya pada tanggal 01 April 2019 hingga 2 April 2019.

Adapun TIM Pengawasan yang datang kali ini adalah H. Mudjito, S.H., (Hakim Tinggi) sebagai Ketua TIM, Drs. Musbir (Panitera PTA Jayapura) sebagai Sekretaris dan Kahar Fabanyo (Kabag. Umum dan Keuangan) sebagai Anggota.

Pengawasan tersebut meliputi Adminitrasi Manejemen, Administrasi Kepaniteraan, Administrasi Kesekretariatan, pelaksanaan APM di Pengadilan Serui, Dokumen  ZI, pelaksanaan PTSP dan perkembangan E-Court di Pengadilan Agama Serui dan terakhir Upload Putusan di direktori Putusan Mahkamah Agung berikut dengan kendala-kendalanya

Setelah pengawasan berakhir, kemudian TIM Pengawas menggelar ekspos di Aula Pengadilan Agama Serui di hadapan seluruh Hakim, para Pegawai termasuk para Honorer. Adapun hasil dari pengawasan tersebut adalah bahwa Pengadilan Agama Serui dalam melaksanakan tugas pokoknya pada umumnya cukup baik kecuali beberapa hal terkait kelengkapan dokumen seperti SK Pengadilan Agama tentang penanganan gratifikasi dan berbenturan kepentingan, dan juga dokumen Zona Intergritas supaya untuk dilengkapi, dan lainnya. Pada akhirnya TIM Pengawasan mengatakan bahwa oleh karena Pengadilan Agama Serui telah mendapat akreditasi A Exellent pada APM pada tahun 2018, maka hendaknya Pengadilan Agama Serui mempersiapkan diri untuk menghadapi survailen yang akan diadakan sekitar bulan Juni 2019.